Buah Mangga Baik untuk Kesehatan Usus

Mangga terkenal akan buahnya yang bulat, warnanya dagingnya kuning, warta kulitnya hijau dan kekuning-kuningan, rasanya manis, buah ini banyak disukai banyak orang dan banyak diantara kita belum mengetahui secara luas manfaat mangga bagi kesehatan. Menurut penelitian ilmuwan mengatakan bahwa mangga paling bagus untuk kesehatan usus.

“Mangga memiliki tingkat prebiotik yang lebih tinggi dari sayur dan buah lainnya, sehingga membantu menjaga usus sehat,” ujar ilmuwan dari Maharashtra Association Cultivation of Science’s Agharkar Research Institute (MACS-ARI), seperti dilansir Medindia, Rabu (9/3/2011).

Mangga telah dikenal sebagai buah dengan karbohidrat dan kalori yang tinggi. Selain itu, prebiotik pada mangga juga ditemukan sangat tinggi dari semua buah-buahan.

Prebiotik merupakan sejenis serat khusus yang bisa menjadi makanan bagi mikroorganisme di dalam usus. Prebiotik bisa dikatakan sebagai makanan non-cerna yang membantu pertumbuhan bakteri menguntungkan (probiotik) dalam usus. Prebiotik adalah makanan untuk probiotik.

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang diminum untuk menjaga keseimbangan sistem pencernaan di usus. Probiotik atau bakteri baik sangat membantu mencegah penyakit
.

“Jika Anda memiliki sejumlah besar bakteri baik ini dalam tubuh Anda, maka lapisan dalam usus tetap sehat dan membantu mencegah penyakit seperti peradangan, penyakit usus, penyakit yang berhubungan dengan antibiotik, susah buang air besar dan irritable bowel syndrome (sindrom iritasi usus),” jelas Dr. Parimal Lawate, senior gastroenterologist.

Selama 10 tahun para ilmuwan telah mempelajari 90 jenis buah dan tanaman yang dapat dimakan untuk keberhasilan membantu pertumbuhan probiotik dalam sistem pencernaan.

“Studi kami menunjukkan bahwa L rhamnosus, yang merupakan bakteri menguntungkan yang tumbuh dalam medium yang mengandung mangga, membantu mengurangi keberadaan E coli. Hal ini menunjukkan potensi menjanjikan untuk varietas mangga sebagai sumber prebiotik,” jelas Vaishali Agte, ilmuwan di Agharkar Research Institute.

healthdetik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s