Tips Tangkal Bahaya RADIASI PONSEL

Adanya radiasi ponsel yang menyebabkan gangguan kesehatan hingga kini memang masih dalam perdebatan. sebagai produk elektronik yang memancarkan gelombang, keberadaan ponsel perlu pengaturan dan tata cara pakai yang pas dan aman. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, ada baiknya mengikuti tips mengindari radiasi dari ponsel, berikut ini.
1. Batasi Penggunaan Waktu Bicara
Biasakan untuk membatasi waktu bicara di ponsel, paling tidak persiapkan dulu mater untuk pembicaraan. Setelah dua menit berbicara di ponsel, maka katifitas natural elektrical akan mulai meningkat ke otak.
2. Rentan Terhadap Anak-anak
Anak-anak tentu memiliki ketahanan fisik yang lebih lemah ketimbang orang dewasa, termasuk dalam hal radiasi ponsel. Untuk itu biasakan anak-anak untuk tidak terlalu sering memanfaatkan ponsel untuk aktivitas voice. Tapi anak-anak perlu juga diberi pemahaman untuk pemanfaatan ponsel dikala darurat.
3. Manfaatkan Airtube Headset
Walau telah menggunakan headset bukan berarti anda bisa terbebas dari efek radiasi. Salah satu solusi adalah memanfaatkan airtube headset. Jenis headset ini dilengkapi lubang atau rongga pada speakernya.
4. Jangan Masukkan Ponsel di Sku Celana
Material bahan di celana kadang dapat menjadi konduktor yang cepat untuk radiasi, ketimbang reaksi ke bagian kepala. Salah satu studi mengungkapkan posisi ponsel di saku celana, terutama dekat lipatan paha bisa berpengaruh pada kualitas sperma hinggaturun 30%.
5. Jeda Saat Melakukan Panggilan
Saat menggunakan ponsel tanpa headset, tunggu beberapa saat sampai panggilan Anda terkoneksi ke jaringan operator, batu kemudian tempelkan telinga ke speaker. Sedikit banyak hal ini bisa mengurangi efek radiasi.
6. Jangan Gunakan Ponsel di Elevator
Elevator ataau lift telah menjadi standar fasilitas di gedung-gedung bertingkat. Lift sudah banyak dilengkapi penguat sinyal oleh para operator. Namun ada pendapat untuk menunda bertelepon di dalam ruang metal tertutup, dalam hal ini elevator dan kobil box. Alasannya aktifitas ponsel dapat memicu hukum Faraday sehingga bisa menjebak radiasi yang dipancarkan dan dikhawatirkan akibatnya akan berbalik ke pengguna.
7. Indikator Kekuatan Sinyal
Dikala ingin melakukan panggilan, sebaiknya perhatikan pula kondisi jaringan operator di layar ponsel. Jika melakukan panggilan disaat sinyal lemah atau satu bar maka proses kerja ponsel untuk teerkoneksi ke jaringan operator bertambah berat. Ini juga membawa efek pada tingkat radiasi.

Tinggalkan komentar